genius box

Jumat, 29 Mei 2009

BERKENALAN DENGAN OLI


Namanya oli.ini bukan mana orang,loe.ini pelumas mesin kendaraan.sudah sering dengar namanya,khan....?yuk,sekarang kita berkenalan DENGANnya...!

① ketika mesin kendaraan berkerja,terjadi gesekan bagian2 mesin.supaya bagian mesin tidak aus dan rusak tergesek,digunakanlah oli.selain melunasi mesin,oli juga punya banyak manfaat lain.yaitu,mendinginkan,melindungi dari karat,membersihkan, dan menutup belah pada dinding mesin.
②tiap kendaraan yang telah menempuh jarak 2 ribu kilometer sampai 5 ribu kilometer,sebaiknya dilakukan pengantian oli.
③jika oli yang akan diganti berwarna hitam,jangan takut ! Itu tandanya,oli itu sudah tercampur kotoran.kotoran dan oli lalu di keluarkan sehinga bagian dalam mesin menjadi bersih lagi.
④SAE 40
Itulah kode pengenal oli.SAE singkatan dari society of automotive engineers.angka dibelakang SAE, menunjukan tingkat kekentalan oli.makin besar angkanya,oli semakin kental.idealnya,oli mesin mobil berkerja pada tingkat kekentalan 40 sampai 50 menurut SAE.
⑤SAE 15W-50
Itu juga kode pengenal oli.huruf W singkatan dari winter atau musim dingin.artinya,disuhu dingin kekentalan oli itu ada di tingkat 15.sedang di musim panas yang normal,kekentalannya mencapai tingkat 50.
⑥Oli juga punya mutu yang berbeda beda.mutu oli biasanya memakai standart yang di buat API(american petroleum institute).kode mutu ini bermacam2.misalnya;
SH atau API: SL.huruf S singkatan dari spark yang menandakan oli itu pelumas untuk mesin yang di gerakan bensin.sedangkan huruf sesudah S,menujukan mutu oli.makin bagus mutunya,hurufnya makin mendekati Z.
⑦jangan asal memilih oli..!mutu oli harus disesuaikan juga dengan mesin kendaraan.makin canggih atau modern mesin kendaraan,kendaraan butuh oli yang makin bagus mutunya.

Nb: saya ucapkan terima kasih buat pak adi dan pak kamsuri yang telah mengajari saya tentang oli.sehinga saya bisa bercerita seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar